INFORMASI – LAYANAN STNK DAN BPKB

APA ITU STNK… ?

Surat Tanda Nomor Kendaraan, atau disingkat STNK, adalah tanda bukti pendaftaran dan pengesahan suatu kendaraan bermotor berdasarkan identitas dan kepemilikannya yang telah didaftar. Di Indonesia, STNK diterbitkan oleh SAMSAT, yakni tempat pelayanan penerbitan/pengesahan STNK oleh 3 instansi : Polri, Dinas Pendapatan Provinsi, dan PT Jasa Raharja. STNK merupakan titik tolak kepemilikan yang sah atas sebuah kendaraan bermotor.

STNK berisi identitas kepemilikan (nomor polisi, nama pemilik, alamat pemilik) dan identitas kendaraan bermotor (merk/tipe, jenis/model, tahun pembuatan, tahun perakitan, isi silinder, warna, nomor rangka/NIK, nomor mesin, nomor BPKB, warna TNKB, bahan bakar, kode lokasi, dsb). Nomor polisi dan masa berlaku yang tertera dalam STNK kemudian dicetak pada plat nomor untuk dipasang pada kendaraan bermotor bersangkutan.

Masa berlaku STNK adalah 5 tahun, dan setiap perpanjangan STNK, kendaraan diharuskan untuk cek fisik, yakni pengecekan nomor rangka dan nomor mesin kendaraan yang dikeluarkan Satuan Lalu Lintas Polri.

Apabila sebuah kendaraan bermotor berganti nama pemilik pada STNK, maka dikenakan BBN-KB (Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor).

Jika hendak memperpanjang STNK, maka harus menyiapkan dokumen sebagai berikut:

  • STNK lama Asli dan fotokopian
  • Fotokopi BPKB
  • Membawa KTP asli dan Fotokopinya sesuai nama yang tercantum di STNK dan BPKB
  • Cek Fisik Kendaraan (untuk syarat perpanjang STNK setiap 5 tahun) 

 

Prosedur Perpanjang STNK di Samsat

Setelah semua persyaratan telah lengkap, maka datangilah kantor samsat terdekat dengan lingkungan atau daerah Anda dengan membawa semua prosedur yang ada. Berikut prosedur pengajuan perpanjangan STNK yang ada disamsat:

  • Mengisi formulir permohonan untuk perpanjagan STNK di Loket pendaftaraan dan isi sesuai data yang ada di STNK dan BPKB;
  • Menyerahkan dokumen permohonan perpanjang STNK ke loket Penyerahan berkas, tunggu hingga dipanggil oleh petugas;
  • Anda akan menerima Slip pembayaran pajak, dan lihat berapa jumlah pajak yang harus dibayar;
  • Menuju kearah kasirlah dan lakukan pembayaran pajak STNK tersebut. dapatkan bukti pelunasanya;
  • Kemudian tunggu kembali di ruang tunggu, sampai nama Anda dipanggil khusus untuk perpanjang STNK 1 tahun, untuk yang 5 tahun, lanjutkan dengan membawa bukti pelunasan pajak ke loket TNKB untuk mendapatkan plat nomor baru.

Catat Waktu Kadaluarsa STNK Anda

Agar Anda tidak lagi lupa, ternyata STNK Anda sudah habis masa berlakunya dan perlu diperpanjang, sebaiknya catat waktu habisnya STNK tersebut, atau apabila perlu buatlahreminder dalam smartphone Anda.

BROSUR MEKANISME PENERBITAN STNK